Laman

Selasa, 17 Agustus 2010

Cara Mengatasi Punggung Yang Berjerawat


Cara Mengatasi Punggung Yang Berjerawat - Kecantikan memang tak terlepas dari kesehatan. Salah satunya kesehatan kulit. Seringkali dari kita hanya menjaga apa yang terlihat saja. Fokus utama rata-rata dari kita adalah merawat kesehatan kulit wajah. Padahal, seluruh kulit di tubuh ini wajib dijaga kebersihan dan kesehatannya. Salah satunya adalah bagian punggung. Apakah sobat blogger ada yang mengalami masalah jerawat di punggung? Atau mungkin adiknya, kakaknya, ibu, bapak, tetangga, teman-teman. Nah, saya mau berbagi sedikit tips tentang cara mengatasi punggung yang berjerawat.
Faktor Penyebab Jerawat di Punggung

Secara umum, penyebab jerawat, baik di punggung maupun di wajah adalah sama. Salah satunya bakteri Propionibacterium yang normal tinggal di kulit manusia. Sebenarnya bakteri ini tidak berbahaya, hanya saja ia akan berulah dan menimbulkan jerawat jika kulit kurang terjaga kebersihannya.
Tingginya produksi minyak di kulit (sebum)
Adanya gangguan pengelupasan kulit

Pemakaian baju yang berangkap-rangkap memicu produksi keringat (terutama pada saat cuaca panas) dan menyebabkan kulit menjadi lembap

Cara Mengatasinya :

Karena penyebabnya bermacam-macam, pengobatan jerawat punggung pun berbeda-beda.
Jika penyebabnya adalah kuman, itu artinya kita harus selalu menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mandi minimal 2 kali sehari. Sabun yang digunakan tidak harus sabun khusus (antiseptik misalnya), sabun biasa juga bisa digunakan. Mandi juga bisa mencegah produksi kelenjar minyak yang berlebihan.
Agar punggung tidak lembap, tiap kali pulang kita harus segera membuka pakaian agar punggung kena udara dan keringat menjadi kering.

Hindari menggunakan pakaian ketat agar sirkulasi udara di punggung tidak terganggu.

Gunakan pakaian berbahan katun atau yang menyerap keringat.

Jangan biasakan memakai pakaian yang basah karena keringat.

Lakukan scrubbing jika masalahnya adalah gangguan pada pengelupasan sel kulit. Scrubbing dapat membantu proses pengelupasan sel kulit yang telah mati. Namun, scrubbing ini hanya dianjurkan pada jerawat yang masih berupa komedo, bintik-bintik kecil. Kalau jerawat sudah gedhe apalagi bernanah cara ini tidak dianjurkan. Cara ini justru memperparah peradangan dan jika terjadi infeksi, mungkin justru akan menyebabkan penyebaran kuman.

Hindari memencet jerawat. Hal ini justru bisa menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas noda hitam.
Supaya jerawat cepat sembuh, batasi konsumsi kalori. Kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Nah, sobat blogger, bagaimana? Sudah tahu penyebab kenapa punggung sobat berjerawat? Silakan mencoba tips-tips yang ada. Jika sakit berlanjut hubungi dokter ya! Hehe! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar